Central Library

Brawijaya University  |   Webmail  |  News and Events  |   BITS          

Training / Pelatihan

Thursday, June 11, 2009

Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Program E-Journal Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Timur

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI telah melaksanakan program pengadaan jasa langganan e-journal untuk perguruan tinggi seluruh Indonesia.

11 Juni 2009 Perpustakaan UB menjadi host pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan aplikasi program e-journal Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Timur. Peserta terdiri dari 139 orang berasal dari Perguruan Tinggi se Jawa Timur di bawah naungan Dikti, dibagi menjadi 2 (dua) angkatan. Angkatan I terdiri dari 69 orang Hari Kamis, tgl. 11 Juni 2009. Waktu pukul 08.30 s.d. 13.00 WIB (34 orang) dan pukul 13.00 s.d. 16.30 WIB (35 orang). Angkatan II Hari/Tanggal : Jum’at, 12 Juni 2009. Dengan waktu yang sama dengan angkatan I, masing-masing sesi diikuti oleh 35 orang peserta. Materi sosialisasi dan pelatihan diberikan teori dan praktek agar dapat mencapai implementasi secara efektif. Acara ini dibuka oleh Pembantu Rektor I Prof.Dr. Ir. Bambang Suharto, MS pada pukul 08.15 WIB dilanjutkan dengan sambutan dari Bpk Yudi Agustono wakil dari Dikti, dan ditutup dengan penyampaian sosialisasi serta pelatihan.
Journal online sebagai sumber informasi ilmiah memliki peran yang sangat besar dalam menunjang program perguruan tinggi dalam upaya peningkatan kualitas penelitian dan pembelajaran serta pengabdian pada masyarakat (research, teaching, dan public service quality). Ketersediaan sumber informasi ilmiah di tiap perguruan tinggi di Indonesia masih dirasakan terbatas sehingga perlu adanya peningkatan baik kualitas maupun kuantitasnya. Sosialisasi dan pelatihan Program E-Journal online yang dilaksanakan pada hari ini merupakan upaya optimalisasi pemanfaatan bersama sumber-sumber informasi ilmiah online yang dilanggan oleh Dikti. Dikti telah berupaya menyediakan sumber informasi ilmiah untuk memenuhi kebutuhan informasi lmiah bagi perguruan tinggi di Indonesia dengan cara melanggan beberapa pangkalan data jurnal online dari berbagai bidang dan provider (ProQuest, EBSCO, dan Gale) kurang lebih sebanyak 7.000 jurnal untuk dapat diberdayakan bersama oleh seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.
Pada saat ini UB telah mencanangkan program akselarasi langkah menuju World Class Enterpreneural University. Hal ini yang mendorong UB untuk terus berupaya secara berkelanjutan untuk menjadi Universitas berstandar internasional. Sementara UB memiliki mahasiswa kurang lebih 28.000 orang pada tahun ajaran 2008/2009 dengan dosen sejumlah kurang lebih 1500 orang. Jumlah ini merupakan potensi yang cukup besar bagi pengembangan UB di masa yang akan datang. Oleh karena itu keberadaan sumber informasi ilmiah online tersebut besar artinya bagi peningkatan Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya bagi UB dalam mendukung percepatan publikasi jurnal Internasional, hasil penelitian dan pembelajaran serta kegiatan akademik lainnya. Dari sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan kita mampu memberdayakan jurnal online yang telah disediakan oleh Dikti untuk mendukung kegitan akademik di masing-masing PT. Dikti diharapkan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal online yang dilanggan dari tahun ke tahun. Sementara kerjasama antar PT dalam pemanfaatan bersama sumber-sumber informasi ilmiah terus ditingkatkan. Menyongsong UB untuk akselerasi menjadi World Class Entrepreneural University yang meliputi proses Teaching university, Research university dan Entrepreneural University diharapkan pelatihan ini dapat menunjang proses belajar mengajar, riset dan pengabdian masyarakat.
Yudi Agustono Kasubdit Sistim Informasi dan Komunikasi Dikti selaku wakil dari Dirjen Dikti menyampaikan bahwa langganan e-journal ini merupakan tahun pertama yang dilanggan oleh Dikti dan dilaksanakan secara serentak di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Untuk wilayah Jawa Timur ditunjuk Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya sebagai host pelaksanaan sosialisasi e-journal ini. Publikasi ilmiah di Indonesia masih sulit mendapatkan hak paten di tingkat internasional oleh karena itu pemerintah berupaya untuk melanggan beberapar provider untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar pada perguruan tinggi di Indonesia. Pada bulan Nopember tahun 2009 akan dilakukan evaluasi sampai sejauh mana pemakaian e-journal yang telah dilanggan di perguruan tinggi seluruh Indonesia oleh Dikti. –(WP) –


[back to main page]